RESET BIOS KOMPUTER

reset bios

Untuk mereset BIOS pada Komputer, sebenarnya tidaklah sulit,karena bisa saja komputer anda menjadi rusak parah karena terlalu menganggap remeh. Ada dua cara yang biasa saya lakukan untuk me- reset BIOS Komputer / Reset CMOS Komputer, yaitu sebagai berikut:
Cara Reset Password BIOS Laptop dan PC

Melepas Batery MotherBoard
Langkah ini adalah cara yang paling mudah namun tetap hati- hati dalam melakukannya,ikuti langkah-langkah berikut:

Cabut Kabel Listrik dari Power Supply
Kemudian Buka Cassing Komputer PC anda
Lihat di Motherboard PC anda ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC Anda
Diamkan selama kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
Pasang kembali cassing komputer anda
Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali

Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??
JUMPER CMOS / Jumper BIOS

Dalam proses ini Anda tidak perlu mencabut baterai motherboard namun dengan memindahkan posisi jumper CMOS, biasanya jumper CMOS ini berada di sekitar baterai. Berikut lagkah-langkah me-reset password bios dengan memindahkan jumper CMOS:

Pastikan anda telah mencabut Kabel Listrik dari Power Supply kemudian Lepas Cassing Kompuyer/PC Anda
Cari jumper yang bertuliskan CLR CMOS atau bisa juga hanya CCMOS. Jumper CMOS ini terdiri dari dua jenis, yaitu jumper dengan 3 pin dan jumper dengan 2 pin.
Untuk tipe jumper 3 pin, pada awalnya jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Kalau ingin mereset BIOS maka Anda harus pindahkan posisi jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi.Diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi. Untuk Tipe Jumper 2 pin, maka anda harus mempunyai jumper sendiri untuk menjumper ke-2 pin tersebut.
Tunggu kurang lebih 5 menit
jumper 3 PIN, kembalikan posisi jumper seperti semula. Untuk Jumper 2 PIN. lepas jumper dari pin tersebut.
Pasang kembali cassing dan colokka listrik ke power supply
Maka komputer siap untuk dinyalakan

Kalau anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka anda telah Me-Reset Password BIOS Komputer, dan silahkan di cek apakah Password BIOS nya sudah hilang??